Home » , » Perpindahan Rute Internasional Garuda Indonesia ke Terminal 3

Perpindahan Rute Internasional Garuda Indonesia ke Terminal 3

Perpindahan Rute Internasional Garuda Indonesia ke Terminal 3
Ayo Kesana - Penerbangan internasional Garuda Indonesia di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pertama kali akan digunakan dengan rute Jakarta – Singapura flight GA 824 yang dijadwalkan berangkat pada tanggal 1 Mei 2017 pukul 06.10 WIB. Semua penumpang flight GA 824 bisa langsung masuk Terminal 3 untuk memproses check-in dan boarding sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Dengan demikian, hal ini juga menandakan perpindahan semua aktifitas penerbangan internasional Garuda Indonesia ke Terminal 3 yang dimulai pada 1 Mei 2017 yang sebelumnya berada di Terminal 2. Garuda Indonesia saat ini mengoperasikan setidaknya 17 penerbangan internasional langsung atau direct flight dari Bandara Soekarno-Hatta ke beberapa negara di kawasan Asia, Australia, dan Eropa.

Diinformasikan juga, keberangkatan di Terminal 3 Internasional bisa ditempuh oleh penumpang pesawat melalui Gate 1 dan Gate 2 dan selanjutnya diproses di konter check-in island A dan B.

Direktur Operasi dan Teknik PT Angkasa Pura II (Persero) Djoko Murjatmodjo mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada masyarakat, Kementerian Perhubungan dan seluruh stakeholder terhadap semua dukungan sehingga rute penerbangan internasional ini dapat dimulai pada 1 Mei 2017 dan pertama kalinya dioperasikan oleh Garuda Indonesia 1 Mei 2017.

Untuk tahap awal ini, terminal yang digunakan untuk proses naik pesawat atau boarding adalah pada bagian bangunan utama yang berada di tengah. bangunan utama ini mencakup 6 gate yaitu gate 5, 6, 7, 8, 9 dan 10. Sementara untuk Pier 1 belum dioperasikan. Ini dirsa sudah cukup sebagai sebuah awal karena karena baru Garuda Indonesia yang akan mengoperasikan penerbangan internasional.

fasilitas yang terdapat di Terminal 3 Internasional ini diantaranya adalah layar Flight Information Display (FID) yang sudah mengadopsi teknologi terbaru dan lebih modern, serta aplikasi smartphone khusus bagi calon penumpang maupun pengunjung. Aplikasi ini berguna untuk mencari lokasi parkir terdekat, pemesanan parkir inap atau biasanya disebut juga penitipan kendaraan, pemesanan taksi, memantau jadwal penerbangan, dan lain sebagainya.

Karena melayani penerbangan internasional, Terminal 3 Internasional dilengkapi dengan 64 konter imigrasi yang dibagi masing-masing 32 konter untuk keberangkatan dan kedatangan. Di luar itu terminal ini dilengkapi juga dengan 30 autogate imigrasi, yang terbagi 15 gate untuk keberangkatan dan kedatangan.

Untuk segi keamanan, security check point sudah dilengkapi dengan 12 unit x-ray dan 2 unit body scanner guna menjamin keamanan keselamatan ketika di terminal maupun pesawat. Untuk fasilitas bagi maskapai, Terminal 3 Internasional menyediakan 17 area parkir untuk pesawat yang bisa menampung 3 pesawat berbadan lebar atau wide body hingga Airbus A380.

Untuk mengatasi aliran penumpang nantinya, Garuda Indonesia juga mempersiapkan Family Assistance Center (FAC) sejumlah 50 personil, guna memperlancar perpindahan layanan operasional. Selain itu, juga terdapat layanan shuttle bus gratis untuk transfer penumpang dari Terminal 2 ke Terminal 3. Dengan perpindahan lokasi operasional ke terminal 3 ini, diharapkan semakin menambah layanan pre-post flight kepada semua pemakai jasa layanan., seperti pengoperasian 26 check-in counter dan penambahan kapasitas Garuda Executive Lounge yang terdiri dari 56 seat bagi penumpang first class dan 350 seat bussines class.

Bagi Anda yang ingin menggunakan jasa Garuda Indonesia sebagai maskapai pilihan, Anda juga bisa memesan tiket DI SINI.